Karya Ilmiah
TESIS (4583) - Piutang Yang Lahir Dari Pendapatan Iklan Video Youtube Sebagai Objek Jaminan Fidusia
Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis Karakteristik Piutang yang Lahir dari Pendapatan Iklan Video YouTube Sebagai Objek Jaminan Fidusia beserta Upaya Hukum Para Pihak Terhadap Risiko Atas Video YouTube bilamana terjadi Wanprestasi. Penelitian ini adalah penelitian hukum dengan menggunakan dua pendekatan yaitu pendekatan peraturan perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Piutang Video YouTube Sebagai objek jaminan fidusia lahir dari perjanjian kredit antara YouTuber sebagai debitur dan pengiklan (Google AdSense) yang memasang iklan sebagai kreditur. Berdasarkan sistem penggolongan benda, Piutang atas Pendapatan Iklan Video YouTube merupakan benda bergerak tidak berwujud dan juga merupakan piutang atas nama. Lembaga jaminan yang digunakan adalah jaminan fidusia. Piutang Video YouTube sebagai jaminan Kredit juga memiliki risiko yang perlu diperhatikan, oleh karena itu, sebelum melakukan perjanjian kredit dengan jaminan fidusia, perlu dipahami dengan baik dasar hukum yang berlaku serta risiko yang mungkin timbul dalam perjanjian tersebut. Diperlukan penilaian oleh penilai publik atau panel penilai. Dalam hal debitur melakukan wanprestasi, maka kreditur dapat dilakukan eksekusi melalui penjualan di bawah tangan sebagai opsi yang lebih efisien dan memudahkan para pihak.
032114253074 | 4583 Pan p | Ruang Tesis | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain