Karya Ilmiah
TESIS (4544) - Konsumen Akhir Dalam Perjanjian Pengiriman Barang Melalui Mekanisme Over Night Service (Analisa Putusan Pengadilan Negeri Bekasi Nomor 295/PDT.SUS.BPSK/2020/PN BKS)
Terdapat keterlambatan pengiriman barang yang dilakukan oleh pelaku usaha pengiriman barang. Keterlambatan tersebut terjadi karena perubahan jenis layanan pengiriman barang dari jenis layanan over night service menjadi jenis layanan regular. Dalam kasus tersebut pengirim barang mengajukan gugatan melalui Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen dengan proses penyelesaian sengketa secara arbitrase. Putusan arbitrase tersebut mengabulkan gugatan dari pengirim barang. Atas adanya putusan arbitrase tersebut pelaku usaha pengiriman barang mengajukan keberatan atas putusan tersebut ke pengadilan negeri. Namun keberatan pelaku usaha ditolak oleh pengadilan negeri. Penelitian ini membahas terkait dengan Legal standing dari pihak penerima barang atas keterlambatan pengiriman karena pergantian jenis layanan over night service ke Reguler dalam perjanjian pengiriman barang dan menganalisis ratio decidendi putusan-putusan dalam kasus tersebut, Penelitian ini menggunakan metode penelitian tipe yuridis normatif, dengan pendekatan undang-undang, pendekatan konsep, dan pendekatan kasus. Simpulannya adalah penerima barang memiliki legal standing sebagai konsumen untuk mengajukan gugatan ganti kerugian kepada pelaku usaha jika mengalami kerugian atas adanya keterlambatan pengiriman karena pergantian jenis layanan over night service ke reguler. Kemudian pertimbangan majelis arbitrase dan majelis hakim dalam putusan-putusan kasus tersebut tidak dapat menjelaskan kerugian yang dialami oleh penerima barang. Oleh karena itu pertimbangan majelis arbitrase dan majelis hakim dalam putusan tersebut tidak berdasarkan hukum
032114153034 | 4544 Qoi k | Ruang Tesis | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain