Karya Ilmiah
SKRIPSI (6195) - Perlindungan Konsumen Pengguna Traveloka Hotel Atas Tidak Diinformasikannya Pengalihan Hotel Untuk Pembatalan Sewa Apartemen
Perkembangan teknologi yang semakin pesat memunculkan sesuatu yang baru yaitu e-commerce. E-commerce ini merupakan sarana yang memudahkan manusia untuk melakukan pemesanan baik makanan, barang, tiket, akomodasi dan lain sebagainya. Salah satu e-commerce yang paling dikenal adalah Traveloka. Traveloka adalah e-commerce yang menyediakan pemesanan tiket pesawat, kereta, maupun pemesanan akomodasi secara online melalui aplikasi dalam smartphone atau melalui situs. Traveloka memudahkan banyak orang dalam melakukan pemesanan, namun masih terdapat beberapa masalah yang bisa timbul terkait dengan pemesanan melalui Traveloka. Adanya permasalahan ini maka perlu dicari kejelasan perlindungan hukum bagi konsumen apabila terdapat kerugian. Tujuan dari penulisan ini adalah menganalisa perlindungan hukum bagi konsumen apabila dirugikan akibat tindakan-tindakan yang dilakukan oleh pelaku usaha dan menganalisa bentuk tanggung gugat dari Traveloka. Metode penulisan yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode penulisan yuridis normatif. Hasil penulisan menunjukkan bahwa kerugian yang dialami konsumen karena pemesanan yang bermasalah disebabkan karena adanya pelanggaran terhadap klausula baku dan tidak diberikannya informasi yang benar, jelas, dan jujur oleh pelaku usaha yang dalam hal ini adalah Traveloka. Ini merupakan pelanggaran hak konsumen oleh Traveloka. Oleh karena itu Traveloka bertanggung gugat secara contractual liability dengan prinsip tanggung gugat berdasarkan unsur kesalahan dengan pembalikan beban pembuktian untuk memberikan ganti kerugian kepada konsumen.
031911133219 | 6195 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain