Karya Ilmiah
SKRIPSI (6153) - Perlindungan Hukum Pelaku Usaha Terhadap Ulasan Produk Negatif Berisi Cacian Tidak Berdasar Oleh Konsumen Di Online Marketplace
Fitur ulasan produk yang disediakan online marketplace menjadi salah satu fitur yang membantu konsumen dalam mengekspresikan pendapat mereka. Ulasan produk terdapat 2 bentuk yaitu ulasan positif karena mereka merasa puas dan ulasan negatif karena mereka merasa tidak puas atas produk yang mereka beli. Batasan dalam mengulas produk seringkali tidak diperhatikan oleh konsumen, dengan memberikan ulasan negatif yang berisi cacian tidak berdasar sehingga berpotensi membuat citra produk menjadi buruk mengingat ulasan produk menjadi memiliki peran penting keputusan pembelian konsumen. Pelaku usaha perlu mengetahui bentuk perlindungan hukum yang bisa mereka dapatkan atas tindakan konsumen. Penulisan ini menggunakan tipe penelitian hukum normatif dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual yang setelah diteliti menemukan bahwa kriteria ulasan produk negatif yang melanggar norma perlindungan konsumen adalah yang berisi cacian yang sudah melewati batasan dalam mengulas produk sehingga telah tidak beriktikad baik sebagaimana Pasal 5 huruf b Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dan upaya preventif yang dapat dilakukan adalah memberikan edukasi kepada konsumen oleh BPKN dan LPKSM dan pengawasan produk oleh BPKN serta upaya represif berupa penyelesaian sengketa non litigasi melalui Online Dispute Resolution (ODR) yang disediakan oleh online marketplace dan penyelesaian non litigasi melalui BPSK Dengan demikian, tulisan ini bisa bermanfaat bagi pelaku usaha.
031911133115 | 6153 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain