Karya Ilmiah
SKRIPSI (6100) - Perlindungan Konsumen Atas Klausula Baku Berupa Kewajiban Video Membuka Paket (Unboxing) Dalam Transaksi Elektronik
Saat ini perdagangan melalui platform online marketplace sangat digemari oleh masyarakat karena dianggap lebih efektif dan efisien. Pada kenyataannya tak jarang konsumen mengalami kerugian dalam transaksi yang dilakukannya. Salah satunya adalah mengenai pertanggungjawaban pelaku usaha terhadap produk cacat di online marketplace dan ketiadaan video unboxing yang mengakibatkan konsumen kehilangan haknya dalam mendapatkan ganti rugi dan menggugat atas kerugian yang dialami oleh konsumen. Klausula baku berupa kewajiban membuat video membuka paket (unboxing) merupakan salah satu hal yang membatasi konsumen untuk mendapatkan haknya. Pendekatan peraturan perundang-undangan dan konseptual digunakan untuk mengetahui pertanggungjawaban pelaku usaha terhadap produk cacat di online marketplace dan pelanggaran terhadap klausula baku video unboxing yang membatasi hak konsumen sebagaimana yang telah diatur di dalam ketentuan UUPK.
Pelaku usaha pada prinsipnya bertanggung jawab atas produk yang ditawarkan kepada konsumen sebagaimana yang telah diatur di dalam ketentuan UUPK, BW, dan perjanjian yang ada. Kerugian yang diakibatkan karena adanya produk cacat ataupun cacat tersembunyi pada prinsipnya pelaku usaha tetap dianggap bertanggung jawab atas produknya. Ketiadaan video unboxing tidak mengakibatkan konsumen kehilangan hak-haknya karena pencantuman klausula baku yang merugikan dilarang oleh UUPK. Penyelesaian sengketa terkait dengan adanya klausula baku video unboxing dapat dilakukan secara damai terlebih dahulu melalui platform online marketplace dan jika tidak ada kesepakatan atau penyelesaian dapat diajukan kepada BPSK atau peradilan umum.
031911133261 | 6100 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain