Karya Ilmiah
SKRIPSI (5944) - Indikasi Praktik Jual Rugi (Predatory Pricing) Oleh Perusahaan Dompet Digital (Studi Kasus OVO: PT. Visionet Internasional)
ABSTRAK
Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat gaya hidup masyarakat berubah menjadi lebih praktis khususnya dalam bidang keuangan, yang semula hanya bisa menggunakan uang tunai sekarang sudah dapat bertransaksi secara online. Sistem pembayaran ini dapat dilakukan melalui dompet digital OVO. Untuk menarik perhatian para konsumennya, OVO menetapkan harga yang sangat rendah melalui promosi seperti Cashback yang dilakukan secara terus menerus. Hal ini dapat memunculkan adanya praktik jual rugi atau predatory pricing yaitu dengan menetapkan harga yang sangat rendah dan dapat mengakibatkan tersingkirnya pesaingnya adanya berdasarkan hal tersebut, penelitian ini didasarkan pada dua rumusan masalah, yaitu Apakah kegiatan promosi Cashback yang dilakukan perusahaan dompet digital OVO secara terus menerus melanggar pasal 20 Undang-Undang No.5 Tahun 1999 tentang larangan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat? 2. Apakah dampak dari kegiatan promosi Cashback yang dilakukan perusahaan dompet digital OVO terhadap pesaingnya?
Kata Kunci: Cashback, Dompet digital, OVO, Predatory Pricing
031811133244 | 5944 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain