Karya Ilmiah
TESIS (4049) - Karakteristik Akun Media Sosial Sebagai Benda Dan Pengalihan Hak Kepelikannya
Penelitian ini berjudul Karakteristik Akun Media sosial Sebagai Benda Dan
Pengallihan Hak Kepemilikannya. Dengan pembahasan permasalahan yaitu: (1)
Karakteristik Akun Media sosial Sebagai benda; (2) Pengalihan Akun Media
Sosial. Penelitian hukum ini dilakukan menggunakan tipe penelitian normatif
dengan teknik pendekatan pendekatan Undang-Undang (Statue Approach) dan
pendekatan konseptual (Conceptual Appoach) yang mengacu pada bahan hukum
primer dan bahan hukum sekunder dan juga mengacu pada doktrin-dokrin hukum.
Hasil penelitian ini dengan melihat melunjaknya penggunaan media sosial serta
keuntungan yang didapatkan dari memonetisasi akun media sosial menjadikan
akun media sosial tersebut dapat dikatagorikan sebagai benda berdasarkan Pasal
499 dan Pasal 503 yang menjelaskan bahwa benda tidak berwujud juga diakui
sebagai benda, serta pembagian benda dalam perdagangan dan luar perdagangan
pada akun media sosial berdasarkan aturan Term of Use yang ada pada platform
media sosial yang melarang mengalihkan akun sosial media. Berdasarkan 584
pengalihannya dialihkan hanya dapat dilakukan oleh orang yang berhak, yaitu
pemiliknya. Pengalihannya dapat dilakukan dalam bentuk jual beli, tukar-
menukar, maupun hibah, dengan penyerahan berdasarkan Pasal 613 BW dapat
melalui akta otentik atau dibawah tangan yang pada pengalihan akun media sosial
tidak memerlukan pengumuman akta seperti halnya benda-benda tidak bergerak.
Sedangkan dalam hibah berdasarkan Pasal 1682 BW dilakukan dengan akta
notaris dengan memuat hal-hal yang diperjanjikan antara penghibah dan penerima
hibah, seperti peruntukan akun yang akan dihibahkan.
Kata Kunci: Media sosial, Benda, Pengalihan
031814253073 | 4049 Lua k | Ruang Tesis | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain