Karya Ilmiah
TESIS (3386) - Perlindungan Hukum Bagi Peserta BPJS Kesehatan Atas Pelayanan Kesehatan di RSAL Dr. Ramelan
Kesehatan yang dilakukan rawat inap di rumah sakit
dari aspek regulasi (peraturan) sudah terlindungi hak-haknya baik sebagai
konsumen jasa, sebagai pasien rumah sakit maupun sebagai peserta BPJS
Kesehatan. Namun dalam penerapannya masih terdapat kekurangan yang
menimbulkan ketidakpuasan pasien terhadap pelayanan rumah sakit, seperti
kurangnya informasi yang diberikan oleh pihak rumah sakit terhadap Peserta BPJS
Kesehatan.
Tanggung gugat terhadap rumah sakit diwujudkan dalam bentuk
pertanggungjawaban rumah sakit kepada pasien. Tanggung jawab rumah sakit
digolongkan sebagai tanggung jawab tanpa kesalahan, karena rumah sakit
bertanggung jawab atas pekerjanya, dalam hal ini petugas kesehatan.
Pertanggungjawaban pelayanan kesehatan di RSAL Dr. Ramelan yang
diberikan sesuai dengan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara BPJS Kesehatan
dengan RSAL Dr. Ramelan Nomor : 379/KTR/VII-01/1216 dan B/1489/XII/2016
tentang Pelayanan Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan Bagi Peserta Program
Jaminan Kesehatan Nasional. Kepuasan pasien atau konsumen tidak hanya
dipengaruhi oleh jasa yang dihasilkan oleh suatu rumah sakit semata, tetapi juga
dipengaruhi oleh pelayanan yang diberikan oleh petugas rumah sakit baik dokter,
perawat dan karyawan-karyawan lainnya.
Kata kunci : Pertanggungjawaban, Pelayanan, Kepuasan
ABSTRAC
The result of the research shows that the legal protection of BPJS Health
patient who are hospitalized from the aspect of regulation has been protected their
rights either as service consumer, as hospital patient or as BPJS Health participant.
However, in the application there are still shortcomings that cause the patien’s lack
of satisfaction to hospital services, suck as lack of information provided by the
hospital against BPJS Health Participants.
Associated with hospital accountability is manifested in the form of hospital
accountability to the patient. The responsibility of the hospital is classified as a
liability without error, because the hospital is responsible for its workers, in this
case the health worker.
Accountability of health services in RSAL Dr. Ramelan given in accordance
with the Agreement of Cooperation (PKS) between BPJS Health with RSAL
Dr. Ramelan Number : 379/KTR/VII-01/1216 and B/1489/XII/2016 on Advanced
Health Referral Service For Participants of National Health Insurance Program
Patient or consumer satisfactionis not only influenced by the services produced by
a hospital alone, but also influenced by the services provided by hospital
personnel, doctors, nurses, and other employees.
Keywords : Accountability, Service, Satisfaction
031424153014 | 3385 | Ruang Tesis | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain