Karya Ilmiah
TESIS (3036) - Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Perusahaan Maskapai Penerbangan Yang Dipailitkan
penumpangnya (konsumen). Maskapai penerbangan yang dinyatakan pailit tidak
lagi diwajibkan untuk tetap melayani penerbangan terhadap calon penumpangnya.
Calon penumpang kemudian dikelompokkan menjadi kreditor konkuren. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kedudukan hukum perlindungan
konsumen dalam kepailitan dan upaya hukum yang dapat dilakukan oleh calon
penumpang yang dirugikan akibat kepailitan terhadap maskapai penerbangan.
Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif dengan statute
approach dan conceptual approach. Hasil penelitian pertama adalah hukum
perlindungan konsumen dikesampingkan oleh hukum kepailitan berdasarkan asas
prefrensi hukum (asas lex spesialis). Hal ini dikarenakan dalam hal terjadi
kepailitan terhadap pelaku usaha, maka hukum kepailitan merupakan hukum yang
lebih khusus daripada hukum perlindungan konsumen. Kemudian konsumen
secara umum diposisikan sebagai kreditor konkuren karena hukum perlindungan
konsumen tidak memberikan hak privilege terhadap konsumen. Hasil penelitian
kedua adalah calon penumpang (konsumen) yang merasa dirugikan akibat
kepailitan terhadap maskapai penerbangan dapat melakukan upaya hukum
berdasarkan hukum kepailitan, yaitu mendaftarkan diri sebagai kreditor pada saat
dilakukan verifikasi utang oleh kurator.
Kata Kunci : Kepailitan, Konsumen, Calon Penumpang, Penerbangan
IR
031514153076 | 3036 | Ruang Tesis | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain