Karya Ilmiah
TESIS (2999) - Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Atas Pengiriman Barang Dalam Transaksi Jual Beli Online Melalui Asuransi
Kerugian yang dialami oleh konsumen jual beli on line akibat salah atau rusaknya
barang yang diterima konsumen dapat menimbulkan tuntutan kepada pelaku usaha,
untuk itulah pelaku usaha dapat mengalihkan risiko yang atas tuntutan konsumen jual
beli online tersebut kepada perusahaan asuransi. Beberapa hal yang menjadi pokok
permasalahan dalam penelitian ini, yaitu prinsip-prinsip hukum dalam pelaksanaan
asuransi terhadap transaksi jual beli online, dan ruang lingkup dan batasan tanggung
gugat asuransi dalam transaksi jual beli online. Prinsip-prinsip hukum dalam
pelaksanaan asuransi pada transaksi jual beli online secara tegas tertuang dalam
perjanjian asuransi (polis). Prinsip yang menjadi latar belakang dari perjanjian
asuransi pada transaksi jual beli online antara lain prinsip itikad baik (utmost good
faith), prinsip kepentingan yang dapat diasuransikan (insurable interest), prinsip ganti
rugi (indemnity), prinsip subrograsi (subrogration), prinsip kausalitas, dan prinsip
kontribusi (contribution). Ruang lingkup dan batasan tanggung gugat asuransi dalam
transaksi jual beli online adalah sebatas kerugian barang yang dialami selama masa
pengiriman dan hal itu pun terbatas jika barang yang dikirim di ikut sertakan dalam
layanan asuransi, pihak asuransi hanya menjamin penggantian barang yang serupa
dan sama nilainya jika terjadi kerusakan dan kehilangan selama masa pengiriman dan
pihak asuransi tidak menjamin ganti kerugian terhadap keuntungan-keuntungan
lainnya yang akan didapat nantinya oleh penerima barang tersebut. Penelitian ini
merupakan penelitian hukum yang bersifat normatif, metode yang digunakan adalah
metode penelitian hukum yang bertujuan untuk mencari pemecahan atas isu hukum
serta permasalahan yang timbul didalamnya, Pendekatan masalah pada penelitian
hukum ini ditunjang dengan data sekunder dengan pendekatan perundang-undangan
(statute approach), dan pendekatan konseptual (conceptual approach).
031514153075 | 2969 | Ruang Tesis | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain