Karya Ilmiah
TESIS (2900) - Klausul Non-Kompetisi Dalam Perjanjian Waralaba
Franchise (waralaba) termasuk salah satu cara pengembangan usaha
secara internasional hal ini dikarenakan franchise (waralaba) ini sesungguhnya
mengandalkan pada kemampuan mitra usaha dalam mengembangkan dan
menjalankan kegiatan usaha franchise melalui proses, tata cara, proses serta suatu
code of conduct dan sistem yang telah ditentukan oleh pengusaha pemberi
waralaba (franchisor).
Bisnis waralaba atau franchise tumbuh dan berkembang dengan pesat.
Mulai era 90-an sampai saat ini bisnis waralaba telah mencakup produk makanan,
minuman, jasa pendidikan. Waralaba merupakan sistem baru pemasaran yang
melibatkan kerjasama antara dua belah pihak. Perjanjian franchise merupakan
suatu pedoman hukum yang menggariskan tanggung jawab dari pemberi waralaba
(franchisor) dan penerima waralaba (franchisee). Perjanjian waralaba memuat
ketentuan hak dan kewajiban para pihak, antara lain hak territorial yang dimiliki
franchisee, persyaratan lokasi, biaya-biaya yang dibutuhkan untuk menjalankan
sistem bisnis tersebut yang wajib dibayarkan oleh pihak franchisee kepada pihak
franchisor, jangka waktu perjanjian waralaba dan ketentuan lain yang mengatur
hubungan antara pihak franchisor dan franchisee.
031314253111 | 2900 | Ruang Tesis | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain