Karya Ilmiah
TESIS (4403) - Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen dan Pelaku Usah Atas Review Produk Pada Media Sosial
Melalui media sosial, konsumen dengan mudah menyatakan pendapat, kritik dan pengalaman atas barang yang dikonsumsi. Media sosial memberikan fasilitas untuk konsumen mengunggah tinjauan atau ulasan produk melalui tulisan, foto dan video, kegiatan yang berupa review. Tujuan dilakukannya penulisan tesis ini untuk menganalisis bahwa review merupakan suatu kegiatan penyampaian pendapat dan kritik konsumen dan bagaimana perlindungan hukum yang didapat oleh konsumen sebagai reviewer serta perlindungan hukum bagi pelaku usaha. Penulisan juga menganalisis bagaimana pembatasan dalam memberikan review barang di media sosial sehingga konsumen tidak bersinggungan dengan pelaku usaha. Melalui penelitian hukum normatif yang meneliti hukum dari perspektif internal dengan norma hukum sebagai objek penelitiannya serta menggunakan pendekatan konseptual, pendekatan perundang-undangan dan pendekatan kasus penelitian ini dilengkapi dengan sumber hukum primer dan sekunder. Hasil penelitian ini menyatakan review yang diunggah pada media sosial adalah kegiatan efisien dan praktis dalam menyatakan pendapat, kritik, pengalaman konsumen yang dilindungi dalam Pasal 4 UUPK dengan memperhatikan norma dan hukum yang berlaku. Dalam menanggapi sebuah review konsumen, pelaku usaha yang terkait bertanggung jawab apabila konsumen terbukti memiliki kerugian. Tanggung jawab pelaku usaha tertuang dalam Pasal 7 UUPK yang harus dipenuhi kepada konsumen.
032114153022 | 4403 Sar p | Ruang Tesis | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain