AIRLANGGA LAW LIBRARY

  • Profil
    SejarahPustakawanJam Layanan
  • Layanan
    Cek TurnitinLibrary Class
  • koleksi
    e-book & e-journal
  • Fasilitas
  • Jadwal Kegiatan
  • Unduh
  • FAQ
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Karya Ilmiah

SKRIPSI (6811) - Analisis Penggunaan Strategi Pemasaran Price Anchoring Berdasarkan Hukum Perlindungan Konsumen

Nadhira Shafa Mediarti - Nama Orang; Dr. Ria Setyawati, S.H., M.H., LL.M. - Nama Orang;

Fenomena persaingan pasar yang semakin kompetitif mendorong pelaku usaha untuk menggunakan berbagai strategi pemasaran guna menarik minat konsumen. Salah satu strategi yang sering digunakan adalah price anchoring, yakni sebuah strategi penetapan harga yang menggunakan harga sebelumnya sebagai acuan yang dapat memengaruhi persepsi konsumen terhadap nilai suatu produk. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin maraknya penggunaan strategi tersebut yang berpotensi menyesatkan konsumen jika tidak disertai dengan informasi yang jujur dan transparan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah indikasi itikad tidak baik oleh pelaku usaha atas penggunaan strategi price anchoring dan bagaimana tinjauan hukumnya berdasarkan Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis legalitas dan etika dari strategi tersebut dalam konteks perlindungan konsumen.
Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif dengan pendekatan konseptual dan perundang-undangan. Landasan teori yang digunakan mencakup teori price anchoring, teori perlindungan konsumen, teori itikad baik, dan teori perilaku konsumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dapat mengindikasikan adanya itikad tidak baik oleh pelaku usaha yang penggunaan price anchoring jika dilakukan dengan cara yang menyesatkan atau tidak mencerminkan kondisi harga yang sebenarnya. Pengaturan price anchoring telah diatur pada Pasal 12 Undang-Undang 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Oleh karena itu, pelaku usaha harus lebih berhati-hati dan bertanggung jawab dalam menerapkan strategi ini agar tidak merugikan konsumen dan melanggar hukum yang berlaku.


Ketersediaan
0320111331556811Ruang SkripsiTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
6811
Penerbit
Surabaya : Fakultas Hukum Unair., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN
Price Anchoring
Strategi Pemasaran
Itikad Tidak Baik
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

AIRLANGGA LAW LIBRARY
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Airlangga Law Library adalah salah satu unit bagian akademik Fakultas Hukum Universitas Airlangga yang memiliki tugas mengelola karya tulis, karya cetak, atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan informasi civitas akademika.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik