Karya Ilmiah
SKRIPSI (6811) - Analisis Penggunaan Strategi Pemasaran Price Anchoring Berdasarkan Hukum Perlindungan Konsumen
Fenomena persaingan pasar yang semakin kompetitif mendorong pelaku usaha untuk menggunakan berbagai strategi pemasaran guna menarik minat konsumen. Salah satu strategi yang sering digunakan adalah price anchoring, yakni sebuah strategi penetapan harga yang menggunakan harga sebelumnya sebagai acuan yang dapat memengaruhi persepsi konsumen terhadap nilai suatu produk. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin maraknya penggunaan strategi tersebut yang berpotensi menyesatkan konsumen jika tidak disertai dengan informasi yang jujur dan transparan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah indikasi itikad tidak baik oleh pelaku usaha atas penggunaan strategi price anchoring dan bagaimana tinjauan hukumnya berdasarkan Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis legalitas dan etika dari strategi tersebut dalam konteks perlindungan konsumen.
Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif dengan pendekatan konseptual dan perundang-undangan. Landasan teori yang digunakan mencakup teori price anchoring, teori perlindungan konsumen, teori itikad baik, dan teori perilaku konsumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dapat mengindikasikan adanya itikad tidak baik oleh pelaku usaha yang penggunaan price anchoring jika dilakukan dengan cara yang menyesatkan atau tidak mencerminkan kondisi harga yang sebenarnya. Pengaturan price anchoring telah diatur pada Pasal 12 Undang-Undang 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Oleh karena itu, pelaku usaha harus lebih berhati-hati dan bertanggung jawab dalam menerapkan strategi ini agar tidak merugikan konsumen dan melanggar hukum yang berlaku.
032011133155 | 6811 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain